Pelaksanaan Kelas Bahasa Bali II di Rumah BCC, Desa Besakih, Kabupaten Karangasem

Pada Kamis 7 Januari 2021, Tim Rumah BCC melaksanakan Kelas Bahasa Bali II di Rumah BCC, Desa Besakih. Kelas Pelaksanaan Kelas Bahasa Bali dibantu oleh Tim Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Rendang.

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 17 (tujuh belas) orang. Bahasa Bali merupakan salah satu keterampilan yang berperan secara simultan dalam pelestarian Adat dan Budaya Bali. Bahasa Bali mencakup Aksara, Bahasa, dan Sastra Bali. Adanya kelas Bahasa Bali sebagai pemenuhan aspirasi minat-bakat dari anak-anak yang berada di seputaran Rumah BCC.

Pertemuan kedua ini kembali bertujuan untuk memotivasi anak-anak bahwa Bahasa Bali sangat penting untuk dilestarikan sehari-hari, baik sebagai Bahasa Ibu maupun sebagai penunjang berbagai keterampilan dapat dikembangkan melalui Bahasa Bali. Anak-anak diajak untuk memperkenalkan diri masing-masing dengan Bahasa Bali. Anak-anak juga diingatkan kembali dengan berbagai lagu Bali seperti Meong-Meong, Putri Cening Ayu, Ratu Anom, Curik-Curik, Juru Pencar, Dadong Dauh, Peteng Bulan, Semut-Semut Api, Mejangeran, dan berbagai lagu Bali lainnya. Tim Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Rendang juga memperkenalkan mengenai Aksara Bali, yakni Aksara Wianjana. Anak-anak diberikan kesempatan untuk menuliskan aksara Bali di papan tulis.

Adapun peserta pada kegiatan ini antara lain:

  1. Ni Wayan Julianti
  2. I Putu Arta
  3. I Putu Eka Putra
  4. I Komang Aditya
  5. I Putu Eka Candra
  6. I Kadek Bayu Wiguna
  7. Ni Wayan Selamat
  8. I Putu Eka Pratama
  9. I Kadek Rian
  10. Ni Wayan Apri
  11. Ni Wayan Ulianti
  12. Ni Putu Wardani
  13. Ni Wayan Sepi Anggraini
  14. Ni Kadek Aulia Antari
  15. Ni Kadek Okta Sanjiwani
  16. Ni Kadek Dwita
  17. I Putu Rendi Setiawan

Beberapa dokumentasi kegiatan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Berikan Komentar


Media Sosial

WhatsApp 0812 3677 277
WhatsApp 0858 5754 2128