Pelaksanaan Kelas Tari (IV) di Rumah BCC, Desa Besakih, Kabupaten Karangasem

Kategori: Edukasi, Kelas Tari

Pada Kamis 26 November 2020, Tim Rumah BCC melaksanakan Kelas Tari (IV) di Rumah BCC, Desa Besakih, Kabupaten Karangasem. Pertemuan IV diikuti oleh 10 (sepuluh) peserta yang berasal dari klasifikasi kelompok latihan tari lanjutan karena sudah pernah mengenal tari sebelumnya. Tutor pada kegiatan ini adalah Ni Komang Eki Widiantari.

Kelas Tari (IV) dilaksanakan selama 2 (dua) jam dari pukul 15.30 – 17.30 Wita. Materi tari yang dipelajari adalah Tari Condong. Menurut https://id.wikipedia.org/ tari condong berasal dari istana di Bali pada pertengahan abad ke-19. Penciptanya tidak diketahui, tetapi sejarah rakyat mengacu bahwa ada pangeran dari Sukawati sakit parah mendapat penglihatan dua gadis cantik menari dengan anggun ditemani musik gamelan; setelah sehat kembali, pangeran ini mereka ulang tarian yang dia pernah lihat. Tarian ini awalnya menceritakan kisah dua bidadari bernama Supraba dan Wilotama. Semenjak dekade 1930-an, cerita diubah menjadi seorang raja atau ratu. Selain Tari Condong, juga direfleksi kembali mengenai berbagai tarian yang sudah dipelajari.

Tutor memberikan pemantapan gerakan tari melalui pengulangan tarian secara periodik. Peserta pula diajak untuk benar-benar menghayati berbagai unsur gerakan dalam tarian yang dipelajari. Adapun peserta pada kegiatan ini antara lain:

  1. Ni Putu Listia Dewi
  2. Ni Ketut Lia Kusuma Wardani
  3. Ni Komang Triana Pramesti Dewi
  4. Ni Kadek Arisita Dewi
  5. Ni Kadek Mariani
  6. Ni Putu Anggreningsih
  7. Ni Putu Eka Okta Prani
  8. Ni Putu Sopianti
  9. Ni Wayan Julianti
  10. Ni Made Sriati

Berikut adalah beberapa dokumentasi kegiatan yang dimaksud.

Berikan Komentar


Media Sosial

WhatsApp 0812 3677 277
WhatsApp 0858 5754 2128